Bagaimana Pemerintah Menyikapi Bonus Demografi

10:15 AM H97 1 Comments


Sumber : .yuswohady.com

Apa itu bonus demografi ? bagaimana kebijakan pemerintah dengan pencapaian demografi ? bagaimana jika suatau negara sudah mendapatkan bonus demografi ? apa peran kita  sebagai masyarakat tentang bonus demografi ?. Mungkin banyak di antara kita masih asing  bahkan tidak mengetahui apa itu “Bonus demografi” atau kita tidak mencoba menggunakan bifurkasi atau penalaran kita untuk mengartikan “Bonus demografi”. Akhir-akhir ini pemerintah sedang mengkaji tentang kebijakan dan pemberdayaan “Bonus demografi”. Sebenarnya apa yang di katakan dengan “Bonus Demografi”. Bonus demografi dapat diartikan secara garis besar sebagai pemanfaatan secara maksimal usia produktif dari segala aspek.
            Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur di dalam masyarakat sangat menguntungkan, terutama dalam aspek pembangunan karena  fenomena ini menekankan pada usia produktif  lebih berperan besar dalam tatanan kependudukan. Pada fenomena ini proporsi usia produktif  lebih besar dibandingkan dengan usia non produktif , bonus demografi menjadi suatu hal yang sebenarnya sangat memberikan impact atau dampak yang akan berpengaruh besar terhadap kemajuan dan juga kesejahteraan yang berlandaskan pada esensi yang vital dan berperan besar dalam pembangunan.
            Untuk menghadapi bonus demografi pada tahun 2020 mendatang, pemerintah sebaiknya segera membuat suatu program dan juga kebijakan yang bersifat gradual atau bertahap yang mengandung unsur dimana lebih menekankan pada eridensi atau kenyataan yang tampak didalam tatanan kehidupan masyarakat seperti peningkatan pendidikan, kesehatan, penyediaan lapangan pekerjaan, investasi dan juga hal hal yang dapat berimplikasi terhadap masyarakat itu sendiri. Pemerintah sebaiknya bersifat permisif atau terbuka dalam membuat atau membentuk suatu program dan juga kebijakan.
              Upgrade peningkatan mutu sumber daya manusia saat ini harus di iringi dengan kemajuan program peningkatan pendidikan yang baik,  dengan memulai program pemerintah dari aspek pendidikan maka sumber daya manusia dapat berfikir secara kritis, logis, dan memiliki jiwa yang berintegritas, peluang bonus demografi sangat memiliki keutungan yang sangat besar bagi negara indonesia, karena peluang ini di ibaratkan sebuah keutungan emas yang dapat merubah tatanan sosial dan kesejahteraan masyarakat.
            Oleh karena itu pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk mempersiapkan bagaimana cara menghadapi peluang bonus demografi ini secara maksimal. Jika bonus demografi ini tidak di iringi dengan kebijakan-kebijakan yang bersifat gradual atau secara bertahap maka bonus demografi akan sia-sia. Bonus demografi sangat berperan penting dalam pembangunan negara yang sedang berkembang seperti indonesia, ditambah lagi letak negara kita yang sangat strategis yaitu terletak di antara dua samudara,dua benua, beriklim tropis dan terletak di antara garis katulistiwa, hal ini sangat menguntungkan. Oleh karena itu kita harus dapat memanfaatkan bonus demografi dengan visi yang startegik dan berorientasi pada good governance atau sistem pemerintahan yang baik. Jika kita dapat memaksimalkan segala aspek  peluang bonus demografi, maka kita tunggu saja bagaimana macan asia akan bangkit dan sang garuda akan terbang membawa kejayaan sang saka merah putih mengelilingi dunia.  

1 comment:

  1. aq minta maaf terlebih dahulu,ini kisah nyatah aku,ini aq seorang pedanga sukses dulu,semakin sukses aq selalu main judi besaran tapi lama kelamaan aq bangkrut gara2 judi,dan sekaran aku punya hutang banyak di bank ama keluarga,sekaran aku stres,pusing gara mikirin itu,tapi syukur ada tmn beri petunjuk kepada aq berhubungan dunia gaib melalui bantuan atas nama kisongo dengan nomornya beliau 085 217 519 919 tp aq ikuti saran aki songo selama seminggu,syukur alhamdulillah aq ikut namanya bank gaib,cuma butuh 3hari uang gaibnya cari dan aku bisa bayar hutang dimana dan sisanya untuk bangkit dagan lagi bagi saudara mau seperti aq ini ada blog akinya di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ingat saudara kalau ada berbicara ama beliau harus sopan ya dan jagan bilang kalau aq yang sebarkan nomornya,mudahan ini bisa bermamfaat.terima kasih

    ReplyDelete